Sabtu, 22 November 2014

Wawancara bersama Maila'ul lagi^^

ada baiknya membaca wawancara pertama dan kedua saya kemudian membaca beberapa mimpi saya baru membaca post ini agar anda percaya, bahwa tuhan itu selalu mendengar dan akan mengabulkan doa kita, meski terkadang jawabannya tidak selalu sama seperti apa yang kita minta :)

***
-Hai Mai, gimana kabar? Sehat? Ada cerita apa nih?

Alhamdulillah. Fisik sehat. Hati kaga karena sering denger lagu ‘’sakitnya tuh di sini’’ hhh. Kaga ding. Inshaallah sehat.  Banyak cerita nih. Mulai dari udah lulus SMA, nggak keterima di PTN, jatuh cinta lagi sama orang dan bisa bikin gue nulis buku tapi sekarang terbengkalai, dan sekarang jadi seorang pegawai.

-jatuh cinta? Wahwahwah sepertinya seru! Ayo kita mulai wawancara ini dengan cerita jatuh cinta kamu!

Hmm,ok. Mari kita mulai bercerita dari bulan November tahun lalu.

November  tahun lalu, gue inget banget ada penghuni baru di depan rumah gue. Kebetulan di depan rumah gue ada kios kosong  dan di sewa sama penghuni baru ini buat jadi warung pecel lele gitu. Dan salah seorang pegawainya menarik perhatian gue. Seorang Kamtis family. Cuma gue nggak tau namanya. Miris banget deh tinggal depan-depanan tapi kaga tau nama. Trus yaudah gue cuma senyum-senyuman doang kalau gaksengaja tatapan mata. Ngajak kenalan kaga berani walaupun  waktu itu sering banget terlibat percakapan.

Dah, datanglah bulan Desember dimana gue mau liburan ke Semeru. Gue kan ikut kesana karena ada seorang teman yang gue suka kan sebut namanya A(iya gue emang nyukain banyak orang._.) trus yaudah gue lupa sama tetangga depan rumah gue itu dan mulai berdebar-debar saat liburan ke Malang karena bisa berlama-lama dengan A.

Pas di Malang kenalan sama seorang warga lokal dan gue naksir lagi. Keren deh pokoknya orang lokal ini. Trus ternyata setelah beberapa hari di Malang dan jauh dari rumah, si A yang gue suka ini mulai keliatan sifat aslinya gitu. Jorok. Nggak bertanggung jawab. Pokoknya gue geli abis gitu. Ilfeel parah.

Eh gue malah naksir temennya,si B. Temen seperjalanan gue juga. Dia orangnya kalau di sekolah tuh slenge’an tapi pas jauh dari rumah ya, sifatnya tuh bener-bener mencerminkan ‘’bapaknya anak-anak banget’’

Trus,udah. Abis itu kan ke Jakarta nih bulan Januari, ternyata perasaan suka gue lebih besar ke orang lokal yang di Malang itu daripada ke si B. Depan rumah gue juga berubah jadi kios warnet dan PS. Cowok yang nggak gue ketahui namanya itu juga ngilang.

Yaudah deh dari bulan Januari sampai Maret kalau gaksalah, gue ngegalauin orang lokal dari Malang ini terus. Berdoa semoga bisa bertemu lagi mulu. Dan dari kegalauan gue itulah lahir 3 buah buku. Kalau biasanya dalam bentuk kumpulan cerpen, kegalauan gue kali ini dalam bentuk buku puisi.

Iya. Gue nulis puisi sampai 3 buku. Gokil nggak sih. Padahal dulu pas ujian praktek di suruh nulis puisi gue nggak bisa,hhh. Judulnya “May and Junne, Little star dan 3’’. Buku puisi yang judulnya May and Junne udah di baca banyak orang dan pernah menjadi bahan diskusi dan dijadikan musikalisasi oleh para mahasiswa STIAMI beberapa bulan yang lalu.

Sementara buku puisi yang berjudul ‘’3’’ tidak selesai karena di pertengahan halaman, gue pernah di sindir sama si B. Dia bilang gini

‘’mai, udahan sih lu ngegalauin orang Malangnya. Move on’’ trus dia senyum. Gue meleleh.

Trus yaudah sisa halaman dari buku puisi berjudul ‘’3’’ itu tentang si B. Dan gue langsung beneran bisa move 
on dari orang Malang itu dan tergila-gila sama si B ini.

Gue inget, dulu gue sering banget pura-pura nggak tau sesuatu yang udah gue tau, trus minta penjelasan ke B biar kita bisa terlibat obrolan. Gue suka ekspresi ketika dia menjelaskan sesuatu. Diam dan cara dia mengingat sesuatunya itu selalu bikin gue penasaran dan jatuh cinta.

Gue inget banget juga waktu minggu-minggu tenang sebelum UN, gue pernah berdiri bersisian sama dia di suatu siang yang mendung sambil memandang ke arah bendera yang lagi mau diturunin sama tim paskibra. Dia lagi pakai headset yang memutar lagu Hey Jude dengan volume yang bisa tertangkap telinga gue. Trus benderanya udah selesai di turunin sama tim paskibranya, dia melepas salah satu headsetnya dan ngomong ke gue

‘’bakalan kangen nih’’

Terus gue cuma nengok ke arah dia dan ngeliat tatapan sayu gemash dari matanya dan tanpa sadar bilang

‘’iya’’

Iya. Bakalan kangen liat bendera di turunin. Masa-masa sekolah. Dan kangen dia.

Trus yaudah. Sampai UN, kelulusan dan 1 bulan pertama setelah lulus isi diary dan lanjutan buku puisi berjudul ‘’3’’ adalah tentang dia.

Tapi lama-lama gue bosen dan akhirnya bulan ke-2 kelulusan nggak ada yang gue sukain karena faktor nggak kuliah,nggak nemu orang baru. Gue hidup kayak zombie.Makan-tidur-solat-mandi. Gitu terus.

Nggak punya gebetan itu nggak enak. Nggak punya inspirasi. Nggak punya penyemangat hidup. Nggak punya seseorang yang bisa dijadikan alasan ‘’harus bangun pagi biar’’.

Nggak ngerasain nyesek karena gebetan deket ama orang lain itu nggak enak. Meskipun lebih sering bertepuk sebelah tangan daripada terbalasnya, tetapi merasakan penasaran, berdebar-debar, khawatir dan rindu saat jatuh cinta itu menyenangkan.

Dan yang seperti gue bilang, gue beneran jadi kayak zombie. Menjadi pengangguran. Eh tapi,sempat kerja sebentar di restoran dan you know what, tempat kerja gue ini ternyata sebelahan sama tempat kerja cowok yang jadi tetangga depan rumah gue dulu yang belum gue tau namanya. Yang karyawan pecel lele itu. 

Namanya Isan(disamarkan). Kita bahkan jadi dekat dan sering berangkat-pulang kerja bareng sampai akhirnya gue resmi menjadikannya masbro gue. Doi lembek banget jadi cowok dah gitu kalau diajak ngobrol kebanyakan ‘’ha?’’-nya. Nggak terduga banget kan gue bisa deket sama cowok yang dulu pernah gue suka?

Dah. Pas gue berhenti kerja dari restoran ini akhirnya gue merasakan jatuh cinta lagi. Tapi sama seorang supir mobil box. Cerita jatuh cinta kami seperti sebuah pepatah jawa ‘’weting tresno jalaran soko kulino’’ yang kalau tidak salah berarti ‘’cinta bisa datang karena terbiasa’’

Iya, dia biasa lewat depan rumah gue tiap abis ashar gitu. Gue suka liat. Awalnya suka senyum lama-lama kasih klakson. Lama-lama,lama-lama,lama-lama, sampai akhirnya gue digantungin nggak jelas sama dia dan kabar terakhir yang gue tau sih dia ngilang entah kemana katanya sedang melaksanakan akad nikah.

Ya itu cerita kisah cinta gue selama setahun belakangan ini. Hhh

-EEE itu serius?

Nggak tau sih. (mencoba) nggak peduli juga,hehe. Abis apa rasanya di gantungin nggak jelas tanpa keterangan hingga lama. Tetapi kembali lagi lah,siapa saya ini. Dear kamu, kalau kamu beneran nikah semoga bahagia,dan menjadi keluarga yang sakinah,mawadah dan warohmah ya.hvft.

Btw, ngomong-ngomong soal nikah, tahun ini juga 2 mantan gue udah nikah. Dua-duanya memiliki kesan mendalam lagi :’(

-EEEEEE itu serius lagi? Cerita! Di undang nggak?

Serius.

Yang pertama menikah karena dia menghamili kekasihnya. Prosesnya bikin gue sakit hati. Jadi sehari sebelum dia menikah itu dia ngajak gue balikan. Waktu itu gue nolak karena gue udah terlalu sering balikan sama dia. Ada kali ampe 5x hh. Trus yaudah kan ya, besokannya gue nggak ketemu. Seminggu kemudian pas refresh beranda Facebook, gue bengong nggak karuan waktu feed pertamanya adalah dia yang mem-post album foto baru berjudul ‘’my wedding’’. Di salah satu foto ada keterangan tanggal. Dan tanggalnya itu sehari persis setelah gue tolak.

Disitu gue merasa masuk acara ‘’Jebakan Batman’’. Gue ngeliat sekeliling siapa tau ada CCTV dan bakal ada host yang nyamperin gue dan bilang bahwa ini semua bercanda. Tapi nggak ada. Dan kebeneran banget pas gue keluar dari warnet dengan kepala pening, dia muncul. Iya, mantan gue itu.

Yaudah gue minta penjelasan dan dia bilang dia terlalu shock dan gakpercaya kalau pacarnya hamil dan dia harus nikah. Trus gue nanya, lo ngerasa ngehamilin nggak. Dan dia bilang iya tapi pakai kondom kok.

Gue diem. Ngebayangin aja gitu kalau waktu itu gue nerima ajakan balikannya nasib pacar-eh istrinya sekarang ini gimana. Pasti bakalan heboh banget. Tapi gue bersyukur banget. Gue pernah ngarep banget dia jodoh gue taunya dia sampai kebablasan gini. Ya pergaulan.

Dah.

Yang mantan satunya lagi ini juga nyesek.

Sehari sebelum dia nikah, gue ceritanya lagi ketiduran nih di mushola. Pas masuk waktu ashar, dia ngebangunin gue. Dia tau aja gitu tiap gue lagi punya masalah suka tidur di mushola. Yaudah abis shalat ashar kita sharing bentar. Trus dia sempet ngomong gini

‘’neng jadinya nikah mau umur berapa?’’

Gue jawab ‘’nggak tau A Jon (fyi, dia lebih tua 4 tahun dari gue, Jon nama samaran)’’

Dia bilang gini ‘’daripada nganggur mending nikah ama Aa aja neng’’

Trus gue nyengir dan pamit balik ke rumah.

Besoknya, jalanan depan rumah gue ditutup gitu ada yang nikahan. Gue nggak ngeh yang nikah siapa sampai akhirnya gue iseng nyamper ke tempat pager ayu yang kebetulan adik-adikan gue gitu dan pas tau siapa yang nikah, gue mendadak gakbisa bernafas.

Yang nikah mantan gue si Jon itu. Nggak begitu nyesek sih guenya.

Pas tau siapa yang jadi pasangannya ini gue agak jleb.

Jadi gini, pas gue pertama kali pacaran sama, sebutlah A, gue pernah di ganggu sama seorang cewek. Dan cewek yang ganggu hubungan kita tuh ya yang nikah ini. Untung nikahnya bukan sama si A. Tapi tetep aja gue nggak ikhlas ngeliat salah satu mantan gue nikah sama cewek yang nggak gue suka hhh.

Nggak berhenti disitu, nggak taunya gue di undang. Dan gatau ya, semesta beneran kompak banget. Pas gue dateng dan sedang berbaris mau ngasih selamat, gue nggak nyadar kalau di belakang gue itu mantan gue si A.

Kampretnya, di kirain si Jon gue emang sengaja dateng sama si A. Kebetulan fotografrernya itu kakak sepupu gue yang tau kalau kita ber-4 nih pernah ada kisah asmara. Gue dikerjain trus yaudah di suruh foto bareng. Asli. Awkward abis wkwk

Dan gara-gara itu, tiap gue liat istrinya si Jon, gatau kenapa gue bawaannya pengen nangis aja gitu. Gue tau banget Jon ini orangnya baik dan sikapnya tuh udah mencerminkan ‘’bapaknya anak-anak banget’’. Agak nggak ikhlas aja gitu ngeliat dia punya istri yang begitu. Gak boleh asal judge sih, mana tau kan ya kalau ternyata lebih baikan si istri ini daripada gue,tapi tetep aja nggak ikhlas. Gitu deh.

Gara-gara itu juga gue sempet pengen nikah. Pengen aja gitu ada yang melindungi, mengayomi dan membimbing (PACARAN AJA AMA POLISI). Pengen juga ngerasain gimana sih rasanya kalau sore-sore nunggu suami pulang kerja. Gitu deh. Gitu lah. Hvft

Dah ah.

-EEEE ini gue bengong ngedenger ceritamu Mai. Pukpuk yaaa. Trus sekarang gimana?

Sekarang sih, nggg. Gimana ya jelasinnya. Jujur gue masih nunggu kejelasan dari supir mobil box yang ngilang ini sih. Kampret bener udah ngambil hati gue trus main pergi aja. Nggak bisa gitu. Tapi soal hubungan dengan mantan-mantan gue yang udah nikah ini sih alhamdulillah baik. Yang hamil duluan anaknya udah lahir. Cewek. Ama istrinya sih gue nggak negor. Nggak kenal juga lagian.

Nah kalau sama mantan satu lagi si Jon ini gue masih rada sulit mengendalikan perasaan. Masih baper gitu lah

-Sudah-sudah move on donggg!

Iya, nanti ya awal tahun,hhh

-ngomong-ngomong soal awal tahun, ada rencana kemana nih Mai tahun baruan nanti?

Waini. Masih kosong nih,hehe.

Bila menengok sedikit ke beberapa tahun belakang, tahun baruan gue selalu beda dan punya cerita sendiri.

2011 ke 2012 tahun baruan pertama gue di SMA gue habiskan bareng sahabat pertama gue di rumah nonton FoKe duet bareng Wali di tv. Inget banget gue wkwk. Waktu itu ceritanya kita lagi makan dan nyari channel bagus dengan mulut penuh nasi goreng. Eh pas gak sengaja berhenti di salah satu channel kebeneran pak Fauzi lagi nyanyi di bagian ‘’INGAT MATIIIII INGAT SAKIT INGATLAH SAAAT KAUUUU SULIT’’ trus gue sama sahabat gue ini saling lirik-lirik dan menatap penuh awkward dilanjutkan dengan ketawa ngakak ampe tersedak nasi goreng. Asli suaranya maksa banget. Trus pas udah pergantian tahunnya gue sama sahabat gue ini tiduran di kasur dan curhat macem-macem tentang yang udah terjadi beberapa bulan kebelakang sejak pertama kita kenal dan menghayal harapan kita untuk tahun berikutnya.

2012 ke 2013 tahun baruan gue tadinya mau bareng sama sahabat gue ini lagi tapi ternyata dia nggak bisa. Trus yaudah gue sama temen-temen rumah. Niatnya mau konvoi gitu. Tapi gatau kenapa gue hawanya males banget. Trus yaudah gue tahun baruan di rumah sendirian. Semua orang di rumah pada pergi. Gue jaga kandang di kamar. Niatnya waktu itu mau beresin buku kalau gak salah, eh malah stuck baca-baca diary dan nostalgia setahun ke belakang. Ujung-ujungnya nangis kejer. Sampai meraung-raung kayak orang kesurupan gitu deh wkwk. Trus untuk menyamarkan suara tangis gue setel TV. Kampretnya, acara yang kesetel ada FoKe(lagi) hhh. Trus abis pak Fauzi nyanyi gantian Noah tampil dan nyanyiin lagu yang gini liriknya ‘’AIRRRRRR MATA INIIIIIII MENYADARKANKUUUUUUUUU, KAU TAAAAKKKAAAN PERNAH MENJADIIIII MILIKUUUUUUUUU HOOOOOOO’’. Eh kampret bener gue malah tambah kejer,hhh

2013 ke 2014 tahun baruan gue di rayakan di Malang. Seru dan berkesan banget nih. Jadi kan pas tanggal 31 Desember pagi itu kita baru sampai di Malang,cape banget kan tuh berjam-jam di kereta. Yaudah abis pada mandi lansung pada istirahat dan berniat bangun malem langsung tahun baruan gitu. Pas mau maghrib cewek-ceweknya pada bangun dan nggak taunya cowok-cowoknya udah pada start jalan-jalan duluan. Bt dan kesel kan tuh, yaudah kita nyusulin. Baru mau jalan eh gerimis. Kita bimbang deh tuh nyusul apa nggak. Nggak mau sakit juga masak nanti naik gunung fisiknya nggak kuat. Tapi kita bodo amat akhirnya nerobos ujan. Cowok-cowoknya ternyata juga pada keujanan dan neduh di salah satu fastfood ternama gitu. Trus yaudah kita nyusul dan ikut neduh di situ sampai ujan reda. Nunggu lama akhirnya reda kan, yaudah kita muter-muter dan milih ke alun alun kota Malang. Pas sampai sana ternyata sepi. Dikirain tuh bakal rame kayak di Monas gitu tiap tahun baru. Yaudah kita kongkow bentar di salah satu angkringan. Ngopi-ngopi dan ngangetin badan gitu. Menurut gue itu best momment banget. Di situ kita lebih banyak bengong daripada diskusinya. Muka-mukanya tuh pada pasrah dan nggak tau apa yang bakal dan menanti besok gitu. Lucu deh. Trus abis itu tiap menit ada aja pengamen yang dateng. Kebetulan temen gue ada yang bisa main gitar dan suaranya bagus gitu. Yaudah kita punya rencana mau ngamen nanti. Pas kopinya abis, kita akhirnya memutuskan buat pulang aja karena ternyata di alun-alun nggak ada apa-apa. Apesnya, nggak ada angkutan umum sama sekali. Yaudah akhirnya kita jalan dari alun-alun sampai rumah tempat kita menginap. Asli jauh banget. Untung ada yang hapal jalan. Pegel sih. 

Tapi kita menganggap itu pemanasan buat besok naik gunung gitu. Selama pulang itu juga jadi sarana saling mengakrabkan diri sih. Kita jalan sambil ngobrol, becanda, sampai ada temen cowok gue pada buka baju di jalanan. Katanya pemanasan. Nanti kan di puncak gunung juga bakal buka baju. Padahal disitu udaranya dingin banget,hhh. Pas sampai rumah, ternyata orang yang punya rumah lagi bakar-bakar jagung gitu. Yaudah kita ikutan dan nggak beberapa lama di kejauhan terlihatlah kembang api yang menandai pergantian tahun. Seorang penghuni rumah nyeletuk ‘’tadi tuh di alun-alun bukannya sepi. Kaliannya aja yang pada kesorean. Belum ada jam 9 udah kesana’’. Trus kita pada diem tapi bukan karena nyesel.

Nah , plan untuk 2014 ke 2015 ini yang masih kosong

-Hm, gak berniat buat naik gunung lagi aja Mai?

Pengen sih, tapi naik kemana? Pasti tahun baruan gitu kuotanya pada penuh. Lagian kan juga harus pesen tiket dari beberapa bulan sebelum hari H. Udah nggak bisa L

-iya juga ya. Ok,ok semoga nanti bisa nemu deh plan tahun baruan kemana ya hehe. Ganti topik! Katanya udah jadi pegawai nih? Eh trus pernah kerja di restoran juga? Ceritaaa!!

Sebenarnya nggak tau sih bisa disebut pegawai apa bukan,hh.

Jadi kan waktu tau nggak keterima PTN baik via SNMPTN/SBMPTN nyesek banget tuh. Kandas sudah impian untuk di UI ataupun UNDIP. Trus abis itu pas mau daftar kuliah di sebuah universitas islam swasta di Bekasi, nyokap kena usus buntu. Karena gue anak pertama ya gue ngalah deh buat nggak kuliah dulu dan ngerawat nyokap. Lagian juga gue masih pengen di UI. Pas nyokap udah sembuh, gue langsung disuruh kerja. Tapi nggak tau kenapa ya, tiap gue udah siap sedia menulis, pas ngeliat kertas folionya fikiran gue langsung ikutan bergaris-garis. Kacau. Nggak tau apa yang harus gue tulis. Padahal dulu pas baru masuk kelas 12 udah belajar bikin lamaran. Tapi baru beberapa bulan lulus udah lupa. Gue mau nangis deh tiap baru nulis ‘’SURAT LAMARAN PEKERJAAN’’

Sampai akhirnya waktu itu mulut gue nyeplos gini saking keselnya ‘’bodo amatlah, gue mau kerja yang nggak harus bikin lamaran dan pakai seragam’’. Nenek gue yang ketika itu mendengar menyahut ‘’mau jadi apa? Kuli?’’

Dan memang benar seminggu kemudian gue menjadi kuli. Kronologisnya gini, rumah yang gue tinggalin itu tiap banjir selalu kebanjiran. Nah nenek gue tahun ini dapat arisan gitu. Yaudah uangnya buat ninggiin rumah ini. Tarif kuli kan mahal. Trus kebetulan kakak sepupu gue juga baru di wisuda dan belum dapat kerja. Yaudah deh,kita sebagai 2 orang pengangguran dipaksa menjadi kuli dengan alasan membayar kuli mahal.

Jadi kuli deh gue. Ngaduk semen. Motongin kaso. Motongin keramik. Nge-cat.

Gara-gara jadi kuli ini nih, gue kenalan sama JKT48. Jadi kan kalau lagi kerja gitu suka BT kan capek. Nah, kakak gue yang kebetulan seorang vvota yang sudah cukup lama sering banget kerja sambil dengerin lagu-lagu JKT48. Ternyata setelah di dengarkan, lagu-lagunya mereka ini membuat bersemangat dan ceria yak,hehe.

Gue tadinya cuma niat mau minta lagu-lagunya aja tuh dari hp kakak sepupu gue, tapi nggak tau kenapa tangan gue gatel buat main ke galeri dan notesnya. Eh trus akhirnya sama kakak sepupu gue ini gue malah dikenalin apa itu JKT,dll,dst,dsb. Nggak berlanjut sampai disitu, 2 hari kemudian pas kebetulan ada teater gue diajak nonton sama temen-temen kuliahnya yang juga vvota. Asli. Gue nggak ngerti apa-apa. Kayak orang bego sendiri dateng ke teater pake jaket Kamtis Family Ancol. Sempet beberapa kali dilirik sama orang-orang wkwk.

Ok lanjut soal kerjaan dulu. Udah hampir 2 mingguan gue jadi kuli, temen-temen gue jadi pada kasian gitu dan pada ngasih info loker ke gue. Tapi ya seperti gue bilang tadi, gue bukannya nggak mau. Tapi tiap mau nulis surat lamaran tuh fikiran langsung blank.

Sampai suatu hari tante gue dateng dan nawarin pekerjaan jadi waitress di sebuah kafe. Dia bilang gausah bikin lamaran. Soalnya lagi butuh banget. Kalau mau besok langsung kerja. Dan yaudah besoknya gue langsung dateng dan di interview. Nah pas di interview-nya ini gue agak bimbang.

Jadi karena kekurangan pegawai dan nggak mampu ngasih gaji yang cukup, waitress juga akan merangkap menjadi koki. Itu artinya, kalau gue mau kerja disini, gue juga harus bantu masak.

Gue?

Masak?

Waktu naik gunung kemarin aja gue masak sarden sama nasi kagak beres. Hhh

Tapi nggak tau kenapa mulut gue main asal bilang ‘ya’ meskipun hati gue ini pengen bilang ‘nggak’. Trus yaudah hari itu juga gue langsung kerja. Gue inget banget 3 hari pertama kerja gue banyak melakukan kesalahan yang memalukan.

Mulai dari pas mau masak nasi di magic jar, beras sama airnya udah gue masukin tapi tombolnya lupa gue kebawahin biar masak. Walhasil pas ada orang mau pesen nasi dan pas buka magic jar kaget. ‘’kok nasinya nggak mateng-mateng daritadi?’’ pas nyadar tombolnya belum dipencet, pelanggannya kecewa karena udah laper banget dan dia akhirnya pesen pop mie sama kentang goreng.

Trus ada lagi, gue di suruh buat nyuci cabai untuk bikin sambal. Gue main asal nyuci cabai aja gitu pakai tangan. Gue nggak tau kalau abis nyuci gituan tangan jadi panas. Begoknya lagi, udah tau tangan bekas nyuci cabai, berkali-kali gue ngucek mata. Yaudah mata gue juga jadi pedes dan gue nangis berkali-kali.  Trus dikasih tau deh sama kepala koki, kalau nyuci cabai, cabainya ditaruh di tempat trus diaduk-aduk aja pakai spatula. Trus rendam pakai air hangat sedikit. Nanti kotorannya juga pada keluar. Nggak perlu diaduk pakai tangan. Nanti akibatnya ya kayak kamu gini. Trus gue Cuma bisa diem. Hhh

Dan ada lagi yang bener-bener malu-maluin. Tiap gue disuruh motongin daun bawang ataupun bawang bombay, pasti gue nangis kejer banget. Yang lucu pas pertama kalinya disuruh motong. Kepala koki sama pelanggan yang kebetulan ngeliat gue sampai panik. Ditanyain ‘’kamu nangis kenapa? Kena minyak apa kenapa?’’ trus pas gue bilang ‘’ini daun bawangnya bikin perih’’. Kepala koki sama pelanggannya langsung pada nyeletuk ‘’ya ampuuun’’. Hh, Malu-maluin deh. Nangisnya kejer soalnya. Bukan keluar airmata gitu doang. Tapi akhirnya sih hari ke 5 kalau nggak salah, gue udah bisa motong tanpa nangis. Berkat google dan permen karet,Hehe

Memasuki hari ke 11 gue kerja di kafe ini, gue mulai merasakan kebosanan  gitu. Soalnya dari semua pegawai, gue doang yang umurnya masih di bawah 20 tahun dan single. Sementara pegawai lainnya udah dia atas 20an dan bahkan ada yang udah punya cucu. Gue jadi nggak punya temen ngobrol gitu. Sampai akhirnya yang gue bilang tadi, pas iseng gue main ke toko sebelah gue kok ada salah seorang pegawainya yang familiar, eh bener itu si cowok yang dulu ngontrak di depan rumah gue. Gue kenalan dan dia jadi satu-satunya teman gue di lingkungan kerja itu.

Hari ke-12 ada salah seorang pelanggan datang yang kebetulan dia orang Korea dan nggak begitu lancar berbahasa Indonesia. Kalau pesan makanan dia ngomongnya pakai bahasa Inggris gitu. Karena gue lumayan lancar dan bisa, yaudah setiap dia datang, yang kasih service gue. Siang itu, habis gue anterin nasi goreng udang pesanannya dia nanya ke gue.

‘’umur kamu berapa?’’

‘’18 tahun pak’’

‘’hah? 18 tahun kok kerja di dapur? Kamu tau? Kalau di Korea umur segitu tuh jadi model’’

Trus gue cuma diem dan memandang dia dengan tatapan-lah-urusan-ma-gue-paan-sob? Hhh

Lalu dia melanjutkan,

‘’daripada kamu kerja di dapur kamu kerja sama saya saja. Bisa komputer kan?’’

‘’bisa pak. Kerja apa?’’

Lalu dia menjulurkan tangannya

‘’saya Martin. Martin Tang Naiyong, Dokter spesialis kulit. Saya butuh asisten untuk bantu buat kartu pasien,mencatat data pasien ataupun ikut saya praktek ke tempat pasien. Kamu mau? Kalau mau temui saya di sini besok’’ dan dia memberikan kartu namanya.

Trus gue pamit dan mengucapkan terima kasih.

Dan gue bimbang deh.

Tapi besokannya gue dateng sih. Untuk interview dulu. Dan pas di interview dia bilang gue akan di training dulu dengan gaji 1,2 sampai 3 bulan. Lalu naik 1,5 tapi nanti akan naik lagi sampai mentok 2,7. Jam kerjanya Senin-Jumat 9.00 s.d 17.00. Tapi nggak ada uang makan. Cuma di sediakan microwave di tempat kerjanya.

 Gue dulu waktu kecil pernah punya cita-cita kalau bisa gue membuat lapangan kerja. Bukan ikut dalam lapangan pekerjaan. Atau kalau terpaksa, gue mau yang gajinya harian atau mingguan. Nggak mau bulanan. 

Trus gue jadi galau gajelas gitudeh hhh.

Tapi akhirnya sih tanggal 20 Oktober kemarin gue resmi menjadi asisten pak Martin ini. Sampai sekarang. Waktu 2 minggu pertama kerja gue sempet agak bosen sih. Soalnya kerjanya Cuma duduk doang. Kan nggak setiap hari ada orang berobat. Sementara waktu kerja di kafe dulu gue hampir nggak punya waktu buat duduk. Gerak terus. Dan gue juga punya prinsip kalau yang namanya kerja itu gerak. Bukan diem. Jadinya gue agak bosenan gitu.

Sampai suatu hari sehabis pulang kerja, gue iseng buka diary dan nemu tulisan kayak gini

‘’kalau seandainya nanti mai sampai nggak kuliah ya Allah, semoga mai dapet suatu pekerjaan yang bisa bikin mai tetap bisa sambil belajar biar bisa nyoba kuliah tahun depan’’

Gue terdiam, dan mikir.

‘’iya juga ya, daripada gue Cuma diem nungguin pasien, kenapa gue nggak sambil belajar aja buat ujian tahun depan?’’

Trus gue ketawa-ketawa sendiri dengan mirisnya. Gue bolak-balik lagi diary, gue nemu lagi tulisan

‘’tadi dimarahin mbah grgr masak aja kagak bisa. Yeee suka-suka lah. Lagian udah tau cucunya kaga suka masak, suruh bantuin-_-.
Etapi nanti kalau gue nikah anak gue mau gue kasih makan apa ya Allah. Laki gue...yakali masa pesen A&W 
mulu,harus bisa belajar masak. SEMANGAAATTTTT’’

Trus gue ketawa-ketawa sendiri lagi sampai nepok jidat. Trus flashback sejenak beberapa bulan kebelakang waktu gue bilang gue mau kerja tapi nggak pakai surat lamaran dan seragam. Dan lihat 2 pekerjaan terakhir gue. Gue dapatkan tanpa gue harus menulis lamaran dan memakai seragam tiap kerjanya. Gue ngeluh nggak bisa masak dan pengen belajar masak. Lihat pekerjaan pertama gue. Yah walaupun nggak bisa-bisa banget dan nggak bisa masak banyak jenis masakan, tapi seengaknya gue udah belajar masak. Dan terakhir, saat gue ngeluh bosen kerja duduk doang, kenapa nggak gue manfaatkan sekalian buat sambil belajar seperti apa yang pernah gue minta sama tuhan lewat diary gue?

Subhanallah.

Gue langsung ketawa-ketawa lagi tapi langsung nangis. Rasanya ada yang mengelus hati ini secara pelan gitu. 

Gue inget lagi waktu gue gakdapet SBMPTN dulu gue sempet marah sama Allah

‘’ya Allah, kenapa mai gakdikasih di UI? Kenapa?’’

Dan gue baru nyadar jawabannya sekarang.

Karena tuhan tau apa yang terbaik buat gue. Tuhan lebih tau apa yang gue butuhkan. Bukan sekedar gue inginkan.

Sungguh, terkadang tuhan memang Maha Pemberi kejutan yang tak terduga dan memang benar janjinya dalam Al-qur’an itu tidak bohong


Trus yaudah deh sekarang gue kerjanya udah nggak males-malesan lagi. Sekarang bawa beberapa buku pelajaran juga ke kantor. Kalau lagi bengong gitu kadang baca-baca buku pelajaran lagi. Alhamdulillah juga pak Martin pengertian. Pokoknya senang-senang-senang :3

-gilakkk, dalam beberapa bulan banyak banget ya yang terjadi sama lo,hehe. Syukur deh kalau lo seneng. Eh, 
bentar-bentar, lo bilang lo jadi vvota? Emang lo ngerti Jejepangan gitu? Cerita!!!

Iya jadi kan udah tuh gue dikirim lagu-lagunya sama kakak sepupu gue. Trus gue dengerin-dengerin-dengerin, gue mikir ini kenapa lagunya gue banget semua. Sebenernya kalau gue bilang lagu-lagunya mencuci otak gue banget sih wkwk. Tapi ada beberapa lagu yang pernah terputar di momen yang pas banget.

Kayak waktu itu nih kan gue lagi duduk abis ashar, nunggu supir mobil box itu,hehe. Lamaaa banget ampe hampir maghrib. Hampir putus asa banget. Mana gue belum mandi waktu itu. Trus pas gue iseng nengok-nengok, keliatan tuh mobil boxnya dari kejauhan, trus lagu di hp gue berganti dari lagunya Depapepe ke lagunya JKT48 yang Binggo!. Trus gue langsung kayak semangat gitu, lagunya juga kampretnya pas banget.

‘’...cowok tipe idamanku itu, bagai di tarik ketempat ini ...begitu cepat tanpa ku sadariiiiiii..’’

Nggak tau kenapa ya, mobilnya tuh jalannya pelaaaaaaaannnn banget, gue jadi geregetan sendiri tapi gue juga nggak pengen dia cepet-cepet lewat dan ngeliat muka gue. Dekil banget mana minyaknya berliter-liter pindah ke muka,hhh.

Tapi pas dia lewat,,,gatau ya kayaknya emang sengaja di pelanin gitu jalannya, tapi akhirnya dia melihat gue. Trus dia melirik, gue melirik, trus dia senyum, gue nggak membalas senyumnya-sok jual mahal-trus dia menaikkan alis kanannya sambil senyum lagi, dan gue langsung meleleh dan membalas senyumnya. Abis itu dia geleng-geleng kepala trus gue ketawa.


‘’saat mata bertemu, dada berdegup kencang, di dalam hati ini, tanpa sadar ku berteriaaaaaaaaakkk,,,’’

Sumpah, gue inget banget pas mobil dia udah berlalu lumayan jauh gue langsung lari ke rumah, narik anduk, ke kamar mandi dan langsung karaukean lagu Binggo! Sambil joget senam SKJ


Trus gue inget banget abis gue teriak kayak gitu listriknya langsung turun wkwk. Anjir gue ngakak sendiri waktu inget pertama kalinya denger lagu Binggo! Hvft.

Trus, waktu itu kebetulan temen kuliah kakak gue pada dateng nih, main-main. Padahal mah, biasa pada numpang molor. Tapi ternyata mereka pada mau terateran juga. Trus kebeneran salah seorang temen kakak gue nggak bisa ikut. Sayang kan tiketnya, trus akhirnya gue yang diajak. Tadinya gue nggak mau tapi gue nyoba-nyoba aja. Pas sampai di lokasi, gataunya masih belum mulai kan, trus kita muter-muter, kakak sepupu gue bayar buat member ofc apa gitu gue nggak ngerti. Trus gue ngeliat banyak cowok yang cool cool gitulah.

Pas tetaerannya udah mulai dan masuk lokasi. Gue inget gue planga-plongo kaga ngerti apa-apaan wkwk. Kakak sepupu gue berisik banget manggil Melody. Sebelah gue manggil Ve. Trus pada teriak-teriak tiger fire cyber apalagi gitu gue lupa. Gue Cuma bengong aja gitu. Tapi ada satu momen dimana gue tanpa sengaja bertatapan sama seorang member yang kata kakak sepupu gue namanya Viny dan dia senyum gitu trus gue langsung bilang ‘’lucu’’ trus yaudah sampai acaranya selesai gue ngeliatinnya Viny mulu.

Besokkanya gue nyari tau tentang si Viny ini dan gue nemu blognya yang bikin gue ‘’ih gila ini orang gokil’’
Trus yaudah gue langsung daftar jadi fans jkt48 beroshi Viny.  Cuma gue baru sebatas gini-gini doang sih. 

Nggak kayak kakak sepupu gue yang kamar sama dekstop laptop isinya Melody semua hhh. Tapi sebenernya gue nggak cuma suka sama Viny sih. Sama Yona dan Ghaida juga. Abis mereka sama kayak gue bondol gitu. Sama Kinal dan Jeje gue juga suka sih. Yaelah semuanya aja-_-

-*brb googling Viny* wah iya mai,dia lucu ya, senyumnya nggak nahan,hhh trus trus masih jadi Kamtis nggak?

Masih kok, Cuma ya udah nggak seaktif kayak pas masih SD dan SMP dulu. Oiya, Endank Soekamti udah rilis album barunya loh #KOLABORASOE Cuma nggak dirilis secara gratis kayak pas album #8 L yaelah fans kok maunya gratisan wkwk. Cari-cari infonya di Youtube dan request di radio kesayangan kalian yaaaa

-kok malah promosi? Dasar! Eh bentar-bentar. Rambut lo kok nggak bertambah panjang-panjang sih?

Iiih, ini udah panjangan tauk-_- iya gue gagal buat nggak motong rambut. Tadinya kan gue udah niat, tahun 2014 nggak akan potong rambut sampai panjang. Udah tuh. Eh pas bulan Mei poninya udah panjang banget dan sering nyucuk mata. Udah gitu rambut bagian belakangnya modelnya nggak jelas gitu. Ya kan gue potong sendiri bukan di salon. Jadinya bentuknya aneh gitu. Pertama sih gue potong poni doang. Gara-gara mau interview di kafe waktu itu sama nenek gue di suruh rapiin. Yaudah di potong bob deh. Nah ini udah panjangan dan alur rambutnya udah nggak abstrak lagi hhh

-hmm iya juga ya. Ok kayaknya kita harus sudahi dulu wawancara ini deh, eh sebelum kita tutup, ada kata-kata terakhir atau ada pelajaran nggak yang bisa kamu ambil dari beberapa bulan terakhir ini!

Hal-hal yang bisa gue pelajari dari beberapa bulan ini?

Banyak!

Setelah apa yang terjadi beberapa bulan belakangan ini, gue jadi percaya dengan kekuatan doa. Gue percaya bahwa apa yang kita ucapkan, bahkan mungkin kita tuliskan-walaupun terlihat sepele, itu bisa menjadi nyata. Dan ini membuat gue menjadi lebih berhati-hati lagi dalam berbicara. Ingat gue yang asal nyeplos nggak mau kerja dengan bikin lamaran?

Untung dikabulkan sama tuhan dan dikasih pekerjaan yang enak. Coba nggak? Dan padahal itu Cuma umpatan asal ceplos saat kesal. Eh malah jadi kenyataan. Pokoknya, jangan pernah sembarangan ngomong.

Trus gue juga belajar, bahwa nggak semua mimpi harus jadi nyata, nggak semua hal yang kita inginkan harus terwujud. Karena nggak semua mimpi berarti baik dan nggak semua yang kita inginkan itu kita butuhkan. 

Gue emang sedih sih nggak kuliah,entah itu di UI,UNDIP ataupun di perguruan swasta. Sementara teman-teman gue punya teman baru, gue nggak. Yang harusnya gue bisa ketemu ayah gue,juga nggak jadi. Tapi dengan nggak kuliah itu gue akhirnya bisa memiliki otot yang lumayan hasil dari ngangkatin semen, bisa belajar masak, ngerti sedikit tentang table manner, bisa kenal sama dokter, bisa dapat gaji(Sekarang belum gajian sih,hh), bisa kenal Viny, dan nulis post blog ini. Coba kalau gue kuliah, mungkin ceritanya lain lagi.
 
Pokoknya yang jelas, semua kejadian beberapa bulan ini semakin meyakinkan gue akan janji tuhan dalam surah Al-Insyirah ayat 5&6 yang berarti ‘’sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan’’. Gue percaya itu. Dan gue juga percaya bahwa tuhan tau apa yang terbaik buat kita. Tuhan tau apa yang benar-benar kita butuhkan. Bukan Cuma yang kita inginkan,hehe. Itu aja sih
 
sampai ketemu di wawancara berikutnya ya^^