Sabtu, 28 Desember 2013

Wawancara bersama Mailaul part I

kadang, kalau abis baca profil atau biografi 0rang di majalah,website ataupun buku, gue selalu berharap bahwa guelah yang diwawancarai tersebut. profil dan biografi gue lah yang muncul di situ dan prestasi dan tentang gue lah yang tertulis disana. tapi bisa apa? menghayal doang gue wkwk.

tapi, nggak.
beberapa tahun lagi profil dan biografi gue harus ada di salah satu majalah, koran atau buku. tapi bukan atas dan karena skandal yang gue buat. harus tentang prestasi gue.

nah, tapi, karena gue udah ngebet dan berhubung ini adalah akhir tahun, gue memutuskan untuk mewawancarai diri gue sendiri dan profilnya akan gue tampilkan di blog gue sendiri. narsis ya? bodo amat wkwk. met baca^^

-hai, Maila. duh namanya susah dan panjang banget sih. cerita dong dibalik nama kamu ini dan biasanya di panggil apa?
susah? kenapa ya semua orang bilang nama gue susah. padahal ngga deh perasaan. ok, nama gue Maila'ul Izza Annabiila. harus ada tanda kutip sebagai pemisah diantara Maila dan Ul. dan di kata 'Annabiila' huruf 'I'-nya yang dobel. bukan 'L'-nya seperti kebanyakan orang. kenapa? karena nama gue diambil dari kata bahasa arab dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. nama gue berarti 'Penuh kebijaksanaan,cerdas dan cantik' bener apa ngga nya gue begitu,nilai sendiri ya,hehe. tapi gue janji gue harus bisa jadi orang yang seperti nama gue itu. soal panggilan, gue ngasih kebebasan kok. tapi harus tetep sopan. karena ada beberapa orang yang nggak bisa ngomong ''maila'ul''. katanya bikin mulut ngejelimet. dan saat susah menyebutkan maila'ul, mereka malah mengucapkan 'mailul','milaul','maul', dan lain sebagainya. jadi panggilan gue itu banyak. ada yang manggil mai,mail,maila,mailaul,il,laul,maul,ul,
melaul,mela,maul dan banyak lagi. seringnya sih dipanggil 'mel,mai,dan mailaul', gitu.

-oke,sekarang nanya nih, lagi sibuk apa sekarang?
sibuk menghayal dan mewujudkannya,hehe. biasa aja sih. belajar buat UN dan ujian kehidupan lainnya, nulis-nulis inspirasi yang tiba-tiba suka dateng, main,makan,dan lain-lain. tapi lebih spesifik lagi, sibuk nungguin dia putus sama pacarnya,wkwk ngga ding. canda :D

-ciee, eh ngomong-ngomong gue penasaran nih sama kisah cinta lo. pernah pacaran?
pernah,hehe. tapi sekarang lagi ngga pacaran. 8x sejak kelas 4 SD sampai awal Februari 2013 kemarin.

-gimana sih tipe lo dan tentang cowok-cowok lo dulu?
gue ngga punya tipe khusus sih. gela, cewek jelek kayak gini sok-sokan nentuin standar cowok yang harus jadi cowok gue. nambah ngga laku lagi wkwk.
tapi dilihat dari 8 cowok gue yang pernah berpacaran sama gue,dulu. gue cenderung tertarik sama cowok yang hitam manis dan berkumis tipis.dan lebih tua dari gue juga. gue ngga terlalu suka cowok yang lebih putih dari gue sih. minder jadinya hehe. tapi gue pernah pacaran sama cowok yang lebih putih dari gue 3x.
gue juga suka sama cowok yang serius sama hobinya. menurut gue, itu jadi ciri khasnya dia yang bikin dia istimewa dan beda. contohnya gue pernah pacaran dan suka sama cowok yang suka nonton konser musik. enak banget loh. dia jadi tumbuh sebagai cowok yang menghargai waktu dan pantang menyerah demi bisa bertemu idolanya ini.
hal lain yang bikin gue tertarik biasanya senyum dan cara jalannya. gue ngga terlalu suka sama cowok yang sering senyum. soalnya berarti ada kemungkinan dia ngebagi senyumnya sama semua orang. gue lebih tertarik dengan cowok yang jarang senyum tapi mukanya ngga jutek-jutek dan nyeremin banget. jadi kan kalau suatu saat dia senyum pasti ke orang-orang tertentu dan itu bikin gue puas bisa menikmati senyumnya buat diri gue sendiri doang.
eh iya, btw gue gamau muna deh. tapi jujur, gue kalau suka sama orang jarang ngeliat mukanya atau fisiknya. karena gue punya prinsip gini, kalau lo nyukain orang dari fisiknya dulu, cara orang nilai lo juga akan gitu. makanya cowok yang gue suka rata-rata sama temen-temen gue sering dibilang 'jelek' dan gue dicap cewek berselera rendah ama orang-orang. tapi bodo deh,hehe. setiap cowok dan setiap orang kan punya keistimewaan masing-masing dan gue tipe orang yang lebih suka sama cowok berdasarkan keistimewaannya daripada fisiknya,gitu.

-duh,ribet juga ya hehe. simpelnya deh, tipe kamu tuh yang gimana?
oh maaf,hehe. oke tipe gue dalam 6 hal yaitu;
1.punya cara jalan unik yang bikin gue nengok.
2.punya senyum yang jarang dibagi. jadi mungkin gue cenderung lebih tertarik sama cowok misterius gitu wkwk
3.punya hobi sejati. atau ngefans sama sesuatu yang jarang orang lain suka. contoh kayak suka sama band Endank Soekamti,band yang gue juga suka. jarang ada yang tau tuh band itu. dan contoh punya hobi otomotif.
4.humoris. gabisa diboongin. beberapa cewek,pasti bakal nyaman kalau udah berhasil dibikin ketawa sama cowok-mungkin cowok juga-. nah gue kalau udah bisa dibikin ketawa sama orang gue pasti nyaman ama orang itu. jadi gue juga memiliki kecenderungan menyukai cowok yang hobi ngelawak. tapi bukan lawakan kayak yang di tv gitu ya.
5.berwawasan luas. gue adalah orang yang suka banget ngedengerin pendapat orang dan mimpi-mimpi orang. jadi jangan heran kalau misal lo ngobrol sama gue, gue bakalan nanyain pendapat lo akan banyak hal dan kadang juga nanyain cita-cita lo dan mimpi-mimpi lo. gue ngga suka cowok yang lemot dan ngga tau sesuatu yang menurut gue cowok tuh tau. contohnya  gue pernah kenal cowok yang gak bisa benerin sesuatu yang rusak. padahal cowok kan harusnya bisa kan?ya mungkin setiap orang punya keahlian masing-masing. tapi itu udah tertanam di diri gue kalau cowok itu pasti bisa ngerjain hal-hal yang berat. gue juga suka sama cowok yang terbuka akan banyak hal dan penuh kejutan. contoh, dia dicap bodoh di kelas, kebanyakan ngelawak, tapi waktu gue ajak ngomong politik dan ekonomi, dia ngerti. keren banget tuh.
6. dan terakhir, yang mau nerima gue apa adanya hehe. percuma kalau gue udah nemuin tipe-tipe gue diatas tapi dia ngga mau sama gue. iya kan?wkwk

-ok,jadi dalam 3 kata cowok itu harus open minded,humoris dan misterius. keren! ok lanjut, gue abis quick scan fashion lo hari ini. dan kesimpulannya lo boyish abis dengan kemeja dan jeans lo itu. ini emang lo suka atau gimana?

hehe, jadi karena gue emang tumbuh di lingkungan temen-temen cowok, gue juga jadi tomboy gitu. gue baru kesampean potong rambut pendek dan ngga panjang-panjang lagi sebahu pas kelas 1 SMA dan itu udah jadi identitas gue.
jujur ya, gue gapunya koleksi baju cewek. sebagian koleksi pakaian yang gue punya itu kaus ukuran L,beberapa kemeja dan sweater juga. gue juga cuma punya 1 jeans panjang,sisanya celana sedengkul semua.
jadi, ya bisa dibilang boyish itu style fashion gue banget.

-wow! trus lo pernah disangka cowok? gaya ini inspirasi dari siapa? The Virgin?
enak aja! bukan! disangka cowok mah lumayan sering. dipanggil mas dan om juga pernah. abis kadang gue potong rambutnya suka 'terlalu' dan body gue kadang juga suka 'tiba-tiba' jadi cowok gitu wkwk.
gaya boyish gue terinspirasi pertama dari Jackhie Chan di film Who Am I. disitu, rambutnya itu dipotong kayak batok kelapa tengkurep gitu. jadi kalau dia lagi berantem dan loncat-loncat suka mumbul-mumbul gitu. keren
trus ngga berapa lama, muncul The Changcuter. dan ada personil yang rambutnya sama gitu juga. yaudah gue potong gitu. tapi sialnya, karena bentuk muka gue bulet, potongan rambut gitu, muka gue jadi tambah bulet wkwk.
gak berapa lama gue kenal model Tao Okamoto dari majalah. keren banget dia berani motong rambutnya gaya Jhon Lennon. akhirnya pas rambut gue udah panjangan dikit gue potong gaya gitu juga deh.
tapi sekarang sih gaya rambut gue Pixie tapi berponi. gatau ngikutin siapa. eh mungkin ngikutin model Twiggy kali ya,hehe

-ho'oh. itu kan model luar semua ya, emang ada gitu salon yang tau? atau lo bawa majalah gitu ke salonnya?
oh soal itu. dari dulu sampai sekarang gue belum pernah ke salon beneran gitu. pernah waktu SD 3x doang tapi ke salon rumahan yang cuma nyediain creambath dan potong doang. dan soal potong rambut, gue selalu potong sendiri. hehe, iya,sendiri.
kenapa? karena kalau potong sendiri kalau hasilnya ngga memuaskan lo ngga bakal nyesel karena ngga ada duit yang ilang hehe. trus lagian, keinginan kita kadang ngga bisa terwujud benar di setelah di potong.
jadi gue selalu potong sendiri makanya hasilnya aneh gini wkwk. kecuali kalau gue merasa pas udah gue potong dan berantakan banget, baru gue ke pangkas rambut. eh iya bener ke pangkas rambut. bukan salon. soalnya pangkas rambut lebih murah dan lebih boyish banget kalau abis darisana wkwk

-ya ampun,ada-ada aja. tapi menarik! cerita dong, suka dukanya rambut pendek.
sukanya ya, jadi ngga gerah, dan lebih nunjukin gue yang apa adanya banget. dengan rambut pendek pun gue jadi mudah ditemukan diantara kerumunan cewek berambut panjang.
gue pun juga jadi mudah diinget sama orang dengan ciri khas gue ini.
gue bahkan sempet punya panggilan khusus yaitu MelaBoo yang merupakan kependekan dari Mela-salah satu panggilan gue- Bondol. tadinya mailaboo. tapi karena aneh jadinya Melaboo.
dukanya? gue sering disangka cowok,hehe. gue pengen sih, rambut pendek tapi stylenya feminim. tapi udah susah ngerubah imej gue. ntar paling ya gue rubahnya.
gue kadang juga suka iri kalau ngeliat tips-tips kepang rambut yang keren gitu. soalnya kan rambut gue gakbisa dikepang.
trus punya rambut pendek juga ribet sih. soalnya kalau rambut lo panjang sedikit, style rambut lo jadi berubah. jadinya setiap 3 minggu atau sebulan sekali lah, lo harus potong rambut lo kalau lo mau rambut pendek terus.
trus kalau punya rambut pendek, mau manjanginnya susah juga. soalnya kan rambut tumbuh panjangnya ngga serentak bareng-bareng gitu. gue pernah niat manjangin, tapi yang panjang baru belakangnya doang beberapa centi. yang sampingnya belum. nah pas lagi ngaca dan gue sisirin, style rambut gue jadi kayak orang zaman 90an gitu. jelek abis sumpah wkwk.

-dengan identitas yang udah khas banget di diri lo ini, lo ada niatan buat manjangin rambut dan berubah ngga sih jadi feminim?
menurut gue arti feminim luas sih ya. tapi gue jelas lah pengen manjangin rambut. rencananya sih mulai 1 Januari. paling sebahu doang.
feminim ngga melulu berarti pakai rok dan rambut panjang kan?
jadi ya, mungkin,someday baju kaus gue pasti bakal ke ganti kok dengan baju-baju yang lebih cewek.

-amin,semoga bisa yaaa. pernah dapet komentar negatif dari orang?
sering wkwk. gue hidup di lingkungan yang beranggapan fashionable itu mengikuti trend yang ada. nah karena gue bukan tipe gitu, gue jadi dianggap ngga fashionable banget sama orang-orang,terutama di lingkungan rumah gue.
tapi menurut gue kan semua punya gaya masing-masing ya. cuma menurut gue orang-orang di lingkungan rumah gue mungkin bukan orang yang berfikiran terbuka kali ya. jadi mereka mencela abis orang yang 'berbeda' dari mereka.
tapi gue mah bodo amat, hehe. berani beda itu baik dan menarik. dan biasanya bukannya yang berani beda itu susah dilupain?

-bener banget! sebutin dong item fashion yang lo banget

sendal gunung-apasih sebutan kerennya?hehe-, jam tangan, dan celana jeans yang panjang trus kita DIY jadi sedengkul.
menurut gue itu menggambarkan kebebasan dalam bergerak-celana jeans DIY-, kesiapan dalam bergerak dan berpetualang-sendal gunung- tapi tetap ingat waktu-jam tangan-. gitu wkwk
gue ngga begitu suka sepatu sih. membatasi banget. kayak kalau pakai sneaker, kaki lo ngga bernafas dengan bebas. dan kalau high heels lo ngga bisa bergerak bebas. sepatu yang gue suka mungkin sepatu olahraga kali ya. kayak sepatu lari nike series gitu.
tapi pasti lah, suatu saat nanti gue bakalan suka sama sepatu-sepatu yang gue gak suka.

-hmm, kalau model kesukaan yang menggambarkan lo banget?
Agyness Deyn mungkin. soalnya dia berani beda banget stylenya. kalau rambut, ya Tao Okamoto tadi. nah kalau sifat, gue suka Alexa Chung,Natalie Portman dan Anggelina Jolie. style mereka calm dan enak diliat banget, pinter dan sifat sosial mereka juga tinggi.
tapi akhir-akhir ini gue juga suka sama Olivia Palermo dan Cara Delevigne.
kalau untuk model Indonesia, mungkin Raline shah dan Pevita Pearce. eh iya, fashion blogger Evita Nuh yang baru 14 tahun itu juga.

-ok, pertanyaan terakhir nih untuk sesi pertama wawancara sama kamu tentang fashion dan cowok.
barang-barang yang wajib ada di tas kamu, benda yang kamu ngga bisa hidup tanpa dia, barang yang ngga akan pernah kamu pakai,item yang paling kamu suka dan item fashion yang kamu pengen banget punya?

1. yang wajib ada di tas? tissue, buku atau koran-pokoknya bacaan-,kertas minyak,lipblam, air putih.
2.buku dan tissue kali ya. gue ngerasa nyawanya kurang kalau dalam waktu 3 hari ngga ada buku yang gue baca
3. yang ngga bakalan gue pakai? legging. entah itu motif atau polos. dulu waktu SMP pernah pakai legging,4x kalau ngga salah. ngga enak banget. merasa ditelanjangi gitu wkwk. sama satu lagi, pakaian yang ngepas badan. sesak dan jadi tontonan orang gitu.hiiy
4. item yang paling gue suka? hmm,sesuatu yang bermotif tartan atau polkadot, berwarna kalem dan warna tanah gitu dan sesuatu yang bisa bikin bebas bergerak. apapun itu entah pakaian atau aksesoris.
5. yang pengen banget gue punya? banyak hehe. gak bisa dirinci deh wkwk

-ok, mai. kayaknya segini dulu deh wawancara pertama kita, next kita bakal wawancara soal hobi,mimpi dan hal lain tentang kamu, gapapa kan?

gapapa kok,hehe. makasih ya udah mau sempetin baca. see you^^